RSS

Penyisihan Grup B 26th Sea Games 2011 Timnas Basket Putra Indonesia vs Myanmar

Partai pembuka Indonesia di Sea Games XXVI adalah melawan Myanmar. Di posisi starter, coach Rastafari menurunkan Amin [SG], Mario [PG], Koming [PF], Dodo [C], Aconk [SF].
Strategi yang cukup aneh mengingat posisi natural Aconk adalah sebagai big man. Namun memang di ABL pun Aconk cukup flexibel dimainkan pelatih di posisi shooting guard sekalipun dengan modal senjata tembakan tiga angka yang baru didapatnya setahun belakangan.
Tiga big man yang diturunkan timnas sekaligus di awal pertandingan diharapkan dapat mengcounter pemain Myanmar yang rata-rata berbadan besar.

Amin membuka pertandingan dengan three point setelah dua kali mencoba menembak untuk Indonesia. Mario menyusul dengan three point berikutnya. 6-0 buat Indonesia. Myanmar membuat begitu banyak kesalahan, dan Wuysang pun memanfaatkannya dengan steal dan layup sehingga membuat Indonesia unggul 8-0 pada menit 7:33 di quarter 1. Timeout dipanggil Myanmar.
Setelah timeout, Amin kembali memasukkan three points ketiga untuk Indonesia membawa timnas unggul 11-0. Amin kembali menjadi bintang lapangan di quarter pertama dengan mencetak empat three points dan satu backdoor cut. Selain Amin yang mencetak tiga three points, masing-masing dari Dodo dan Wuysang memasukkan satu three point di quarter pertama [18 dari 23 points Indonesia di kuarter pertama berasal dari tembakan tiga angka].
Skor sementara di quarter pertama adalah 23-15 untuk keunggulan Indonesia. Myanmar terlihat begitu malas untuk melakukan transisi defense di kuarter pertama, sehingga strategi spacing Indonesia berjalan dengan baik di kuarter pertama.
Kuarter kedua berjalan kurang lebih sama dengan kuarter pertama, tiga big man Myanmar terlihat malas untuk kembali ke pertahanan, sehingga kekurangan mereka tersebut dimanfaatkan benar untuk Indonesia yang memang jago bermain di full court. Myanmar ditahan tanpa angka di tiga menit berjalannya kuarter kedua.
Aconk banyak sekali bermain sebagai SF di babak pertama. Memang tembakan Indonesia di kuarter kedua tidak sehebat di kuarter pertama, akan tetapi pertahanan Myanmar yang terbuka di full court dimanfaatkan betul oleh Indonesia. Skor sementara di akhir kuarter kedua adalah 43-26 masih untuk keunggulan Indonesia [20-11 untuk keunggulan Indo di quarter kedua].
Myanmar malah semakin malas untuk bertahan di kuarter ke tiga. Setelah mereka melakukan turnover ato missed basket, jarang pemain Myanmar yang kembali ke pertahanan. Sedangkan Indonesia pasti menyusul fast break mereka dengan second break.
Pada saat bermain setengah lapangan pun, Indonesia rajin dalam bertahan dan menutup shooter-shooter lawan. Hal ini berbeda jauh dengan pertahanan Myanmar yang memberikan shooter Indonesia space untuk menembak.
PG starter Mario Wuysang sendiri sudah tidak bermain lagi sejak kuarter pertama setelah Indonesia unggul jauh. Dimas #9 pun dimainkan di sisa empat menit kuarter ketiga. Indonesia sudah menurunkan cadangan mereka di kuarter ketiga, Dimas, Ary Chandra, Dwi, Batam, dan Koming.
Skor sementara di kuarter ketiga adalah 64-32 untuk keunggulan Indonesia. Indonesia unggul 21-6 di kuarter ketiga meskipun hanya menurunkan pemain cadangannya.
Skor akhir adalah Indonesia 84-45 Myanmar, untuk kemenangan tim Indonesia. Starter timnas Indonesia mencetak 46 points [7, 8, 8, 18, 5 points untuk C,PF, SF, SG, dan PG mereka]. Sedangkan hanya lima pemain dari timnas Myanmar yang mencetak points.
Kekuatan bench Indonesia yang merata, membuat mereka bisa merotasi pemain dengan baik, sehingga stamina para pemain terjaga. Di luar pemain inti, praktis cadangan timnas Myanmar tidak memberi kontribusi.
Amin finish dengan 18 points, 4 steals, dan 5 rebounds. Dodo menyumbangkan double-double dengan 10 points dan 12 rebounds. Statistik penting lainnya adalh 37 turnover yang dicetak tim Myanmar menjadi faktor utama kekalahan mereka. Turnover Myanmar yang begitu banyak membuat FGA Indonesia menjadi dua kali lipat lebih banyak.
Q1 Q2 Q3 Q4
Indonesia 23 43 64 84
Myanmar 15 26 32 45

Sampai jumpa besok di pertandingan penyisihan grup B Sea Games XXVI timnas basket putra Indonesia vs Malaysia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar