RSS

Hasil Pertandingan Basket Sea Games Indonesia Vs Singapura

Untuk starter timnas Indonesia, coach Rastafari menurunkan Wuysang [PG], Iyus [SG] Amin [SF], Komink [PF], Rogun [C]. Point pertama untuk Indonesia dicetak oleh Amin melalui medium jump shot. Koming membuat kedudukan imbang di angka empat setelah melakukan drive yang tepat di saat buzzer shot clock berbunyi.
Indonesia membuat beberapa turnover di menit-menit awal pertandingan sehingga Singapura dapat mengungguli tim Indonesia. Iyus ternyata ditugaskan untuk menjaga PG Singapura yang bernama Wong Wei Long #5. Sementara Wuysang ditarik keluar pada saat pertandingan baru berjalan tiga menit di kuarter pertama karena telah melakukan dua fouls.

Batam masuk menggantikan Iyus di pertengahan quarter pertama dan langsung mendapatkan penjagaan ketat dari tim Singapura. Faisal berhasil melakukan steal dan kemudian memberi assist kepada Batam yang diselesaikan dengan easy layup untuk memperkecil ketinggalan Indonesia menjadi 14-15. Timnas Singapura mengungguli timnas Indonesia dalam hal offensive rebound di quarter satu pertandingan ini.
Faisal dipaksa untuk melakukan dua turnovers dalam waktu lima menit akibat pressure ketat dari PG Singapore. Koming terpaksa ditarik keluar oleh pelatih Rastafari karena telah terkena tiga fouls di akhir quarter pertama ini. Skor di akhir quarter satu ini adalah 16-22 untuk keunggulan Singapura.
Indonesia mengawali quarter dua dengan Dodo, Rogun, Amin, Iyus dan Faisal. Dalam waktu tiga menit jalannya pertandingan quarter kedua, timnas Indonesia dioutscored 4-12 oleh Singapura yang memaksa pelatih Indonesia mengambil timeout.
Indonesia mengubah strategi dengan melakukan zone defense sehingga berhasil memaksa Singapura melakukan tiga turnovers dan mereka berhasil ditahan scoreless selama enam setengah menit di kuarter kedua sementara Indonesia berhasil memanfaatkan momen tersebut dengan mencetak 8 points tanpa balas dalam kurun waktu tersebut.
Namun sayang strategi zone defense Indonesia yang baik akhirnya berhasil dipecahkan Singapura dengan memasukkan dua kali three points dalam sisa satu menit terakhir quarter kedua. Xaverius memasukkan dua point terakhir Indonesia di kuarter kedua. Skor di babak pertama adalah 32-42 untuk keunggulan Singapura.
Wuysang baru dimainkan kembali di quarter ketiga oleh pelatih Rastafari bersama dengan Iyus, Amin, Dodo dan Rogun. Kehadiran Wuysang langsung memberikan kejutan dengan menyumbang tiga assist kepada Rogun [dua kali three points serta satu layup] dan Dodo [two points dari hasil pick and roll].
Selisih 10 points pada saat half time berhasil dipotong menjadi hanya dua angka saja. Rogun bermain gemilang di awal babak kedua ini dengan mencetak 10 points dalam waktu empat menit jalannya quarter ketiga. Komink yang masuk menggantikan Rogun di pertengahan quarter ketiga ini langsung berkontribusi dengan melakukan drive yang membuat kedudukan imbang 48-48 di sisa empat menit quarter ketiga ini.
Faisal akhirnya membuat Indonesia unggul dengan memasukkan empat points terakhir dari garis free throw [skor 52-50 waktu tersisa tiga menit di kuarter tiga]. Skor di akhir quarter tiga adalah 54-59 untuk keunggulan Singapura.
Pada quarter empat, Indonesia memulai dengan Wuysang, Batam, Amin, Rogun dan Dodo. Rogun membuka skor untuk Indonesia melalui tembakan three points dan disusul dengan dua kali three points berikutnya oleh Wuysang untuk menyamakan kedudukan di angka 65-65.
Batam memperkecil ketinggalan Indonesia menjadi 68-69 melalui tembakan three pointsnya, waktu menunjukkan sisa 4.28 di kuarter keempat. Faisal, Iyus, Amin, Rogun dan Dodo dimainkan pelatih Rastafari pada sisa empat menit terakhir. Faisal yang menggantikan Wuysang, membuat turnover dan memfoul lawan [and one untuk Singapura]. Baru satu menit bermain, Faisal langsung digantikan kembali oleh Wuysang dikarenakan foul trouble.
Setelah sebagai besar tertinggal dari kuarter satu sampai tiga, akhirnya Rogun baru bisa membuat Indonesia unggul dengan offensive putback. Skor 73-72 di sisa waktu 2.13 kuarter keempat. Pemain Singapura bernomor #11 melakukan tembakan three points tetapi langsung dibalas oleh Iyus dengan tembakan three pointsnya. Skor 76-75 untuk keunggulan Indonesia, waktu tersisa kurang dari satu menit.
Rony Gunawan menambah keras teriakan penonton yang hadir di Mahaka Square dengan tembakan dua angka dari jarak jauh, dan membuat Indonesia unggul 78-75 dengan sisa waktu 35 detik. Ball possesion milik Singapura, Desmond Oh #8 malah melakukan turnover. Alhasil karena keterbatasan waktu, Singapura hanya tinggal bisa melakukan sacrifice fouls.
Dua free throw dari Iyus menutup pertandingan sekaligus membuat Indonesia menang atas Singapura dengan skor 80-75. Rony Gunawan menjadi bintang lapangan dengan 23 points, 10-16 FG, 3-7 3FG, dan 9 rebounds. Faisal dan Xaverius masing-masing menambah 11 dan 14 points. Sementara Matialakan dari Singapura mencetak 17 points, 7 rebounds, 5 steals.
Pertandingan yang sungguh menegangkan ini akhirnya ditutup dengan kemenangan manis Indonesia, yang juga keluar sebagai juara Grup B, disusul dengan Malaysia di posisi runner up. Indonesia akan bertemu dengan Thailand, runner up grup A di babak semifinal. Sementara Filipina akan bertarung dengan Malaysia di semifinal lainnya.
Sampai berjumpa pada match report berikutnya di semifinal antara Indonesia melawan Thailand pada hari Jumat 18 November 2011.
Q1 Q2 Q3 Q4
Indonesia 16 32 54 80
Malaysia 22 42 59 75

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar