RSS

Trofi Kelas Dunia untuk Juara Flexi NBL Indonesia 2011-2012

Karya Nyoman Nuarta, Berlapis Emas 22 Karat Sebuah trofi istimewa bakal diberikan kepada tim juara Flexi National Basketball League (NBL) Indonesia 2011-2012. Championship Trophy yang lebih tepat disebut sebagai karya seni ini secara khusus dibuat oleh pematung tersohor yang mungkin layak disebut sebagai seniman terbaik Indonesia, Nyoman Nuarta. Salah satu mahakaryanya merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia, Garuda Wisnu Kencana.

“Adalah sebuah kebanggaan luar biasa bagi kami bisa mempersembahkan trofi kelas dunia tersebut. Secara pribadi, saya bahkan menganggapnya sebagai trofi basket terbaik di dunia. Saya yakin, trofi itu akan menjadi pilar baru sejarah panjang NBL Indonesia ke depan,” tutur Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia sebagai pengelola liga sekaligus commissioner NBL Indonesia.

Championship Trophy ini memiliki dimensi 22 cm x 22 cm, tinggi 48 cm, berat 22 kg, serta berbahan dasar tembaga dan berlapis emas 22 karat. Trofi ini didesain dengan detail yang mengagumkan. Seperti sosok-sosok manusia yang mengikuti pusaran dan berebut bola, memperlihatkan gerakan-gerakan dinamis yang mengarah pada perjuangan dan keuletan dalam mencapai prestasi. Trofi ini merefleksikan bahwa prestasi merupakan kedigdayaan yang bisa dicapai oleh manusia.

“Maaf, foto maupun gambar trofi belum bisa kami tunjukkan dulu. Trofi itu akan diperkenalkan sebelum tipoff pertandingan pertama musim reguler Flexi NBL Indonesia 2011-2012, di Bandung, 10 Desember nanti. Saya yakin trofi itu akan membuat orang kagum sekaligus bangga,” kata Azrul.

Nyoman Nuarta mengaku bangga dapat mempersembahkan karya seninya bagi olahraga tanah air. “Saya prihatin dengan kemajuan dunia olahraga bangsa kita. Saya merasa ikut memiliki tanggung jawab dalam memajukannya,” ungkap Nuarta. “Semoga, trofi ini dapat menginspirasi perjuangan anak bangsa untuk memajukan olahraga di Indonesia, khususnya basket,“ pungkasnya.

Bagi para penggemar basket yang penasaran dan ingin melihat langsung mahakarya ini, tidak perlu khawatir. Nantinya, Championship Trophy bakal dipamerkan di seluruh venue penyelenggaraan Flexi NBL Indonesia 2011-2012.

Untuk menemani trofi ini, Nyoman Nuarta juga telah menyiapkan sebuah puisi khusus. Isinya menceritakan filosofi dari rancangan trofi tersebut. Puisi itu bisa dibaca di display trofi saat pertandingan diselenggarakan.

Musim reguler Flexi NBL Indonesia akan singgah di enam kota. Dimulai di Bandung pada 10-18 Desember 2011, lalu berakhir di Jakarta, 31 Maret-8 April 2012. Delapan tim terbaik bakal memperebutkan trofi bersejarah ini di Championship Series yang digelar di Jogjakarta, 21-29 April 2012 mendatang.

Nyoman Nuarta adalah pematung asal Bali yang sudah menggeluti dunia seni patung selama lebih dari tiga puluh tahun. Patung Garuda Wisnu Kencana (Bali), Monumen Jalesveva Jayamahe (Surabaya), serta Monumen Proklamasi Indonesia (Jakarta) merupakan beberapa dari mahakaryanya. Nyoman Nuarta juga beberapa kali meraih penghargaan dan pengakuan dari pemerintah Indonesia dan internasional melalui karya seni buatannya.
Saat ini, Nyoman Nuarta merupakan pemilik dari Studio Nyoman Nuarta (Art, Consultant, and Producer), Founder The Mandala Garuda Wisnu Kencana Foundation, Commissioner PT Garuda Adhimatra, Project Developer Mandala Garuda Wisnu Kencana di Bali, Commissioner PT Nyoman Nuarta Enterprise, serta pemilik NuArt Sculpture Park di Bandung. Nyoman Nuarta juga tergabung dalam organisasi seni patung internasional, di antaranya International Sculpture Center Washington, Amerika Serikat, Royal British Sculpture Society, London, dan Steering Committee for Bali Recovery Program. (*)
sumber : http://www.nblindonesia.com/v1/index.php?page=newsdetail&id=1381

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar